Rabu, 20 November 2013

Optimalisasi Website Tingkat SLTA se-Kabupten Karimun

Assalamualaikum Wr Wb..

hay sobat apa kabarnya ?
semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja.. Amin..
oke lansung saja seperti judul diatas kami ingin sedikit membahas tentang sebuah seminar yang di laksanakan di Wiswa Karimun,
TBK. yang dilaksanakan dalam jangka 4 hari (18-21 november 2013), tentang Optimalisasi Website Tingkat SLTA se-Kabupten Karimun.
(foto peserta optimalisasi website)

       Dalam acara ini masing-masing perwakilan siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas, di bimbing dan di ajari oleh narasumber dalam acara tersebut, untuk mengoptimalkan atau membuat Website/Blog yang di buat oleh peserta menjadi bagus dan menarik bahkan keren !. Narasumber dalam acara tersebut adalah Bapak Muhardin Hasim yang berasal dari Batam dan Bapak Iwan Yulianto. Bapak Muhardin adalah salah satu anggota/pengurus di www.batamblogger.com

  
Di hari pertama, peserta di bimbing dan di perkenalkan oleh bapak Muhardin tentang istilah "Website/Blog", mulai dari sejarah terdirinya Blog, tokoh-tokoh yang berperan penting dalam pembangunan Blog, Cara membuat blog, Tujuan dari Blog, Etika dalam Blog, Mengenal Hosting & Domain, dan lain-lain.. pelajaran-pelajaran yang di berikan oleh narasumber adalah:
(foto narasumber dari kumunitas blogger batam, Bpk Muhardin Hasim)



Langkah-Langkah Membuat Blog.

1. Registrasi, dalam tahap ini peserta akan membuat sebuah akun Gmail yang bisa untuk membuat  sebuah  Blog, selanjutnya peserta di bimbing untuk membuat sebuah Blog.
2. Mengetahui Bagian-Bagian Dari Blog, peserta selanjutnya dikenalkan dengan bagian-bagian yang terdapat pada Blog, seperti : Header, Left Widget, Right Widget, Page dan Footer.
3. Mengetahui Istilah Dalam Blog, peserta selanjutnya juga dikenalkan dengan istilah-istilah yang terdapat di Blog, hal ini juga berfungsi untuk mempermudah peserta untuk mengetahui arti/maksud dari tombol atau link yang tersedia di Blog.
4. Mengganti Backround Blog, dalam tahap ini peserta di ajari tentang cara merubah Backround yang terdapat pada Blog dengan cara mengKlik "Backround image", dan selanjutnya akan muncul beberapa pilihan Backround, penggantian Backround juga dapat dilaksanakan dengan mengUpload file yang sudah ada di komputer.
5. Mengatur Ukuran Blog, untuk mengatur ukuran blog, pilih "adjust widht" dan aturlah ukuran sesuai keinginan.
6. Mengatur Tulisan Pada Blog, untuk mengatur tulisan di Blog, pilih pula tombol "Advance" dan aturlah sesuai keinginan.

Dan masih banyak lagi sih.. Langkah-langkah membuat blog sebenarnya.. kalo mau versi yang lebih jelas dan lengkap silahkan didownload Disini ! saya mendapatkannya lansung dari Bapak Muhardin lho !

   
Selanjutnya kami akan membahas sedikit tentang materi yang disampaikan oleh narasumber ke dua yaitu Bapak Iwan Yulianto, adapun pelajaran-pelajaran yang diberikan Bapak adalah :

1. Statistik Pengguna Internet, pengguna internet sekarang di Negara Indonesia sekitar 10% dan diperkirakan akan naik menjadi 50% pada masa yang akan datang, sedangkan pengguna internet di negara lainnya sekarang seperti Amerika, Jepang, dan lainnya adalah sekitar 50% dan akan meningkat menjadi sekitar 99% !
2. Pemilihan Awal Mesin Blog, dalam tahap ini peserta harus memilih salah satu mesin Blog yang tersedia untuk dijadikan sebuah Blog seperti: Blogger, Wordpress dan CMS.
3, Penempatan Gambar dan Video, peserta dibimbing oleh narasumber untuk meletakkan foto atau video yang ideal dan tidak berlebihan, serta teliti dalam memilih sebuah foto atau video yang sizenya tidak terlalu memberatkan Blog yang menyebabkan "LOLA" pada koneksi. (foto narasumber lokal, Bpk Iwan Yulianto)
   
 Itulah beberapa materi yang disampaikan oleh Bapak Iwan Yulianto, untuk lebih jelas dan lengkap silahkan download materi tersebut Disini !

semoga bermanfaat..

Assalamuaikum Wr Wb..

0 komentar:

Posting Komentar